07 Juli 2010

Mengobati Carpal Tunnel Syndrome / Menyembuhkan CTS (Sindroma Terowongan Karpal)

Hanya sekedar ingin berbagi pengalaman karena saya pernah mengalami CTS (Carpal Tunnel Syndrome) dan merasakan bagaimana penyakit tersebut mempengaruhi aktivitas fisik serta psikologis pada keseharian saya waktu itu.

Kira-kira 2 tahun yang lalu tepatnya 1 mingguan setelah melahirkan faris (anak pertama) saya mengalami CTS. Awal mulanya ketika saya bangun pagi setelah ngelonin faris tangan kanan saya terasa kesemutan. Beberapa hari berselang permukaan jari-jari tangan kanan(pada ujung jari) mulai terasa baal/kebas. Awalnya hanya pada ujung jari tengah kemudian menjalar pada ujung jari manis dan telunjuk. Tidak hanya itu saja, mati rasa itu kian membuat saya takut karena semakin meluas ke bagian bawah menuju ke telapak tangan. Saat meraba benda bertekstur kasar, indera peraba saya tidak berfungsi/matirasa. Namun alhamdulillah ketika saya coba tekan dan membakar jari diatas kompor, masih ada sensasi tekanan dan masih dapat merasakan panas.

Setelah searching di internet, beberapa artikel membuat saya yakin bahwa saya terkena CTS, terutama karena jari kelingking saya tidak mengalami efek baal/kebas sama sekali. Kemudian saya mencoba berkonsultasi dengan dokter Ortopedi di RS Elisabeth Semarang (kebetulan waktu itu saya masih cuti melahirkan di semarang) ternyata diagnosanya juga sama. Kata dokter kalau baalnya semakin menjalar maka harus dilakukan bedah kecil pada median nerve. Pilihan yang sangat tidak saya inginkan...
Karena tak kunjung sembuh setelah minum obat dokter dan mencoba beberapa pengobatan alternatif akhirnya saya putuskan untuk kembali ke Jakarta untuk mencari kemungkinan yang lain.

Setiba di Jakarta saya mencoba pengobatan refleksi beberapa kali memang menampakkan hasil. Hanya saja beberapa jam setelah refleksi, baal itu tetap meluas. Lebih cepetan meluasnya daripada sembuhnya, pikir saya. Sehingga alternatif refleksi saya hentikan. Jadi selama masuk kerja terpaksa tangan kanan diistirahatkan total & tangan kiri mengambil alih untuk klak-klik kompi dan nge-baseline sample GC + titrasi di lab.

Alhamdulillah doa saya terkabul, kesembuhan saya bermula dari seorang teman yang menawarkan gelang magnet & FIR Amega (tipe ion bracelet). Awalnya saya coba pakai selama beberapa jam dan ada perbedaan, kemudian saya membeli dan memakainya selama kurang lebih 3 minggu. Baal dan kesemutan berangsur menghilang.. (bukan bermaksud promosi, hanya ingin sharing pengalaman pribadi saja).
Menurut teorinya FIR dan magnet pada gelang membantu membuka jalan bagi nutrisi untuk mengalir kembali ke dalam saraf yang selama ini telah menyempit ( pada kasus saya , CTS disebabkan saraf lengan kanan tertekan terlalu lama akibat salah posisi tidur sehingga nutrisi tidak dapat mengalir pada saraf median dan efeknya adalah penyempitan saraf sehingga berakibat mati rasa). Apabila kondisi ini dibiarkan terus menerus maka saraf dapat menjadi rusak dan lebih sulit untuk disembuhkan. Semakin cepat penanganan maka akan semakin cepat proses pemulihannya.
Sayangnya karena kecerobohan saya, gelang tersebut terkena setrum 9000 volt sehingga sudah tidak ngefek lagi, T_T...( kebetulan saya kelupaan melepas saat mengikuti pengobatatan gratis medic 9000). Alhamdulillah dipinjami gelang oleh ibu Uci sampai baalnya benar2 sembuh.
Selain dengan bantuan gelang dan mengistirahatkan tangan dari aktifitas berulang, saya juga melakukan exercises untuk menstimulasi semua otot2 di pergelangan tangan.
Untuk exercises-nya semoga dapat segera saya bagikan lewat tulisan lainnya di blog ini.

Ingin tau lebih jauh apa sih CTS itu, let's check it out...

CTS (Carpal Tunnel Syndrome) adalah sindrom yang terjadi akibat adanya tekanan terhadap saraf medianus (saraf tengah) didalam terowongan karpal pada pergelangan tangan sehingga menyebabkan kesemutan, matirasa/kebas/baal dan kelemahan otot di tangan.
Meningkatnya tekanan dalam terowongan karpal menyebabkan saraf medianus terjepit sehingga aliran darah ke tangan menurun akibatnya otot pergelangan tangan akan kekurangan nutrisi dan O2. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama otot yang kekurangan makanan tadi akan mengecil sehingga tenaga otot berkurang bahkan bisa menimbulkan cacat permanen. Oleh karena itu apabila muncul kesemutan tanpa sebab yang jelas , misalnya tertindih, sekaligus disertai gejala lain yang mirip dengan CTS , harus segera direspon. Makin cepat respon, makin baik karena pemulihannya akan semakin mudah dan cepat.

Apa saja gejala CTS??
  • Gejala yang umum terjadi pada CTS adalah kesemutan dan mati rasa pada jari tangan (kecuali jari kelingking, karena jari tersebut dikendalikan oleh saraf yang berbeda).
  • Adanya sensasi kesemutan, mati rasa atau nyeri pada tangan di malam hari (baik lengan bawah maupun pergelangan tangan itu sendiri).
  • Pada kasus yang lebih parah, kehilangan kekuatan mencubit dan mengepal serta menggenggam.

Apa penyebab CTS?
Sindrom ini muncul bila terjadi tekanan pada nervus medianus/ saraf median yang biasanya disebabkan oleh:
  • Gerakan berulang pada pergelangan tangan (dalam periode waktu yang lama) misalnya mengetik keyboard kompi dimana posisi tangan tidak ergonomis; mengulek sambal; megang mouse; terlalu semangat mengetik sms; memeras cucian/baju; mainin Play station, alat musik dll.
  • Perubahan hormonal khususnya pada wanita seperti kehamilan, menopause, penggunaan alat kontrasepsi oral dll (oleh sebab itu CTS lebih sering terjadi pada perempuan).
  • Karena penekanan, seperti tertindih ketika tidur akibat posisi tubuh tertentu sehingga membuat saraf medianus terjepit.
  • Defisiensi vit B terutama vit B9/asam folat dan vit B12 sehingga pembentukan sel darah merah terhambat/Hb rendah (silakan cek darah dan konsultasi apakah hb anda rendah)
  • Diabetes melitus (komplikasi dari neuropati diabetik).
  • Cedera (dislokasi dan fraktur).
  • Obesitas, arthritis rheumatoid, gout, hipotiroid.
  • Faktor genetik



Update 6 Juni 2012

Saat ini saya CTS saya kambuh lagi seusai melahirkan anak ke-3 (lahir 27 Maret 2012), ternyata belum sembuh total too ^_^... alhamdulillah masih disayang Allah rupanya :)

Karena sekarang saya menjadi ibu dari 3 putra+sebagai ibu bekerja sekaligus ibu rumah tangga jadi tidak mungkin seperti dulu lagi bisa mengistirahatkan total tangan kanan saya.. Dikantor saya harus memerah asi+nge-lab+krj didepan komputer jadi bagaimanapun saya harus mencari alternatif lain agar tangan kanan saya tidak semakin parah... selain menggunakan Gelang Magnet+ melakukan beberapa exercises saya juga sedang memesan beberapa stuff yang akan membantu saya selama menjalani masa penyembuhan [yang jelas kali ini saya tidak melalui konsultasi ke dokter dulu, cos mereka hanya akan memberi obat dan rekomend utk melakukan minor surgery/bedah kecil pada median nerve]. Sy terpaksa memesan dari USA karena barang tidak saya temukan disini.

Aktifitas exercises saya [telah terbukti membantu penyembuhan CTS saya dahulu] sbb:

Ulangi 5X beberapa gerakan dibawah. latihan ini akan lebih baik bila dilakukan minimal 3 kali sesi setiap hari :)

  *** Latihan area pergelangan tangan *** 
1. Fleksi: menekuk lembut pergelangan tangan Anda ke depan. Tahan selama 5 detik.  Lakukan 3 set.
2. Extension: Lembut menekuk pergelangan tangan Anda ke belakang. Tahan posisi ini 5 detik.
Lakukan 3 set.
 3. Sisi ke sisi: Dengan lembut pindahkan pergelangan tangan Anda dari sisi ke sisi (gerakan jabat tangan). Tahan selama 5 detik pada setiap ujungnya.
Ulangi minimal 3 kali.
  *** Peregangan pergelangan tangan ***

Dengan satu tangan, membantu untuk menekuk pergelangan tangan ke bawah berlawanan dengan menekan bagian belakang tangan Anda dan tekan selama 15 sampai 30 detik. Selanjutnya, meregangkan tangan kembali dengan menekan jari ke arah belakang dan menahan selama 15 sampai 30 detik. Jaga siku Anda lurus selama latihan ini. Lakukan 3 set pada masing-masing tangan.
  *** Tendon meluncur ***

Mulailah dengan jari-jari tangan Anda mengulurkan lurus. Dengan lembut menekuk sendi tengah jari-jari Anda ke arah telapak bagian atas. Tahan selama 5 detik. Lakukan 3 set
  *** Pemerasan Scapular ***

Saat duduk atau berdiri dengan lengan di samping tubuh, peras tulang belikat Anda bersama-sama dan tahan selama 5 detik. Lakukan 3 set.
  *** Extensi Pergelangan tangan ***

Tahan benda berat di tangan Anda dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Perlahan-lahan tekuk pergelangan tangan Anda ke atas. Perlahan-lahan turunkan beban ke posisi awal. Lakukan 3 set. Secara bertahap tingkatkan berat dari objek yang Anda pegang.
  *** Penguatan Grip ***

Remas bola karet dan tahan selama 5 detik. Lakukan 3 set 10.





 Beberapa gerakan yang dapat meringankan CTS:






Anda dapat mengunjungi web ini untuk melihat exercises ringan yang bisa anda lakukan dikantor:
http://dailycookie.net/2009/04/easy-at-home-yoga-poses/

Saya menuliskan review terbaru saya yang isinya antara lain mengenai:

Banyak orang yang mengalami cts dan menghubungi saya menanyakan dimana membeli gelang Amega-nya, kalau ingin membeli yang asli anda bisa membeli di:

Amega Global LLC
ANZ Tower 15A Jl. Jend. Sudirman Kav. 33A
(021) 5719751, 5719754

Sebelumnya mohon maaf bila member id saya tidak saya cantumkan lagi. Untuk mendapatkan harga member saat membeli gelang, silakan sms saya.
Bila ingin bertanya mengenai tipe gelang bisa menghubungi saya atau kantor amega langsung. Mohon tidak meribetkan Customer Service amega dan bertanya mengenai CTS karena bisajadi mereka kurang paham mengenai CTS karena mereka hanya admin.

Anda bisa melihat model gelang di web berikut:

www.eamega.com

Anda tetap harus menghubungi kantor pusat untuk mengetahui ketersediaan stock barang.
Bila anda berada di luar kota saya dapat membantu membelikan gelang tersebut. Gelang akan dikirim langsung dari kantor pusat Amega setelah anda mentransfer dana ke Rekening PT amega. Jadi jangan khawatir uang anda bukan masuk ke rekening sy kok karena anda membayar harga member+ongkirnya langsung ke rekening mereka.. Kalaupun nantinya anda ingin diaktifkan menjadi member, silahkan kontak saya. 

Saya hanya berniat membantu, tapi saya sarankan kalau ada yg bisa dipinjam ya lebih baik pinjam ke teman atau saudara, karena harganya tidak murah.

Update review saya seterusnya silakan klik:

Obat Carpal Tunnel Syndrome

Terapi untuk Carpal Tunnel Syndrome

7 komentar:

nooneknow me mengatakan...

mba,,nama saya ni2n..sya beberapa hari ini sering bangun malem,,krna ga bs tidur saya sring mengerjakn pekerjaan lain pake leptop,,nah pdhl jari saya kepake bwt ngetik tp kenapa kesemutan,,udh kejadian beberapa kali mba,,nah dr hasil sya baca2 ttg kesemutan,,CTS yg plg mendekati..jujur memang hmpir smw aktivitas saya gunakan ujung jari,,mulai dr hape touchscreen hingga leptop tanpa mouse...ada ga mba terapi non farmakologis utk meredakan kesemutan ini???terima ksih

cahyaning mengatakan...

Assalamu'alaikum....

Istri saya sepertinya tengah mengalami apa yang Ibu rasakan itu. Saya tertarik dengan pemakaian gelang magnet & FIR Amega nya, Bu. Bisakah saya minta tolong Ibu untuk setidaknya mencarikan saya gelang tersebut, saya sudah coba cari di sekitar tempat tinggal saya kok tidak ada ya...

Saya sangat mengharapkan bantuan Ibu, demi kesembuhan Istri saya. Mohon dibalas melalui email saya bagaimana cara saya bisa mendapatkannya, nanti saya transfer pembayaran ke rekening Ibu atau via wessel pos seandainya Ibu berkeberatan memberi no rekeningnya.

Berikt alamat email dan alamat tempat tinggal saya.

nanangsuprihatin@gmail.com

Nanang Suprihatin
Perum Kaliwulu Indah AB III No 13 Cirebon.

Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu'alaikum...

Nurhayati mengatakan...

mbak...gelang magnet yg gimana ya? nyarinya dimana?

Susyana " Ummu Faris " mengatakan...

Maaf sudah lama tidak menengok blog karena beberapa kesibukan..,alhamdulillah sudah masuk kerja lg seusai cuti melahirkan. Bagi yang ingin sharing mengenai CTS silakan kontak langsung sy di 081325692177. Karena sy ibu bekerja dgn 3 putra jadi mohon pengertiannya tidak bisa setiap waktu memantau blog..

salam,
"ummu faris-fathan-fahim"

Unknown mengatakan...

Asw.. Mba Susyana,

Kasus yg Mba alami, sama persis dengan yang saya alami.

Seminggu setelah melahirkan anak pertama laki laki, jari2 tangan kanan dan kiri saya kaku, nyeri, kesemutan dan susah digenggam ketika bangun tidur. Setelah beberapa menit bangun tidur, baru bisa menggenggam, tetapi kesemutan dan baal masih tetap terasa selama 24 jam.

Udah hampir 3 bulan, ujung2 jari masih kesemutan/baal, kalau megang sesuatu barang yang agak lama, maka kesemutannya menyebar ke telapak tangan.

Sudah berobat ke dokter Fisiotherapy, tetapi tidak sembuh juga, malah menyarankan saya ke dokter bedah syaraf.

Saya ingin sembuh Mba spt yg Mba alami, dengan memakai gelang Magnet FIR bisa sembuh.


Oh ya, Pak Nanang bagaimana dengan isri Bpk, apakah sudah sembuh tangannya dari CTS?


Thanks
Ika

Putra Ade Thamrin mengatakan...

mba.. sepertinya saya mengalami hal yang sama..

mohon bantuannya mba..

prabantari mengatakan...

saya juga saat ini sedang mengalami gejala serupa, sudah hampir 2 bulan sakitnya. awal terjadi kurang lebih satu bulan setelah melahirkan. Jari Jempol dan pergelangan tangan akan merasa sakit untuk melakukan gerakan tertentu... terutama bila tangan menggenggam dan ditekuk kebawah... dua kali urut tapi tidak ada kesleo/salah urat.